AKUPUNKTUR

Pelayanan Akupunktur untuk pengobatan masalah kesehatan, meliputi:

– Gangguan saraf dan otot: sakit kepala, pusing, nyeri punggung bawah, nyeri sendi, ketegangan leher, bahu beku, kedutan otot wajah, nyeri otot, troke, kelumpuhan, kesemutan, dll

– Gangguan pernafasan: asma, sinusitis, flu, dll

– Gangguan pencernaan: sakit maag, sulit buang air besar, diare, dll

– Gangguan sistem reproduksi: nyeri haid, gangguan kesuburan, impotensia, dll

– Gangguan fisik yang berhubungan dengan ketegangan dan stress emosional: sulit tidur, dll

– Gangguan sistematik dan fungsional: darah tinggi, kencing manis, kegemukan, alergi, mual muntah pada kehamilan, penurunan stamina, dll.

Jumlah pengobatan yang diperlukan adalah berbeda pada setiap orang tergantung kondisi gangguan/penyakitnya. Pada penyakit yang baru biasanya diperlukan 1 seri terapi, sedangkan pada penyakitnya yang lebih lama memerlukan beberapa seri terapi. Satu seri terapi terdiri dari 10 – 12 kali kunjungan.

Alat Akupunktur:

1. Jarum Akupunktur

2. TDP (Transient Deep Thermal Therapy)

3. Elektrostimulator
Pelayanan HIV Dewasa dan Anak

 

KLINIK SPESIALISTIK GIGI DAN MULUT (ORAL AND DENTAL SPECIALIST CLINIC)

Tren mengenai kesehatan gigi dan mulut kian berkembang, khususnya di era digital saat ini info mengenai kesehatan gigi dan mulut viral di masyarakat. Dalam rangka mencapai Indonesia Sehat, penting untuk menyebarluaskan informasi yang utuh dan benar mengenai kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Klinik Spesialistik Gigi dan Mulut RSUD Tarakan Jakarta menghadirkan Dokter Gigi Spesialis yang siap memberikan layanan deteksi, solusi, dan edukasi yang baik dan benar bagi semua masalah kesehatan gigi dan mulut anda.

 

LAYANAN-LAYANAN UNGGULAN

 

DENTAL ESTETIK (ORTHODONTIC)

Salah satu elemen terpenting menyangkut penampilan anda adalah senyum. Senyum yang mengagumkan, dengan tampilan gigi yang tertata rapi akan meninggalkan kesan mendalam pada orang yang anda temui. Klinik Estetik RSUD Tarakan menyediakan layanan perawatan untuk memperbaiki susunan gigi anda dengan pemasangan alat Orthodonti Cekat untuk anak, remaja dan dewasa, dengan metode terkini yang aman dan tanpa rasa sakit.

BEDAH MULUT (ORAL SURGERY)

Layanan Bedah Mulut RSUD Tarakan dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut berpengalaman dengan alur, metode dan bahan terkini yang sesuai dengan keluhan pada gigi dan rongga mulut anda. Layanan Bedah Mulut selain pencabutan gigi, juga tersedia layanan pemasangan implant gigi, rekonstruksi, juga bedah infeksi dan non-infeksi rongga mulut.

KEDOKTERAN GIGI ANAK (PEDODONTI)

Perawatan gigi tidak hanya dilakukan pada orang dewasa, perawatan gigi dapat dimulai sedini mungkin pada usia balita dan anak-anak untuk mencegah dan mempersiapkan kondisi gigi dan rongga mulut yang lebih baik di usia dewasa. Deteksi dan solusi untuk keluhan gigi anak Anda dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak berpengalaman dengan metode dan bahan kedokteran gigi terkini.

PENYAKIT MULUT (ORAL MEDICINE)

Penting bagi masyarakat untuk tetap memeriksakan kondisi kesehatan rongga mulut termasuk keluhan ringan seperti sariawan. Pemeriksaan dini, teliti dan komprehensif dapat mendeteksi berbagai kelainan dirongga mulut untuk memastikan kondisi yang sedang dihadapi oleh pasien. Pemeriksaan rongga mulut mencakup nyeri, infeksi dan non-infeksi, termasuk kondisi keganasan rongga mulut, juga edukasi mengenai kondisi gigi dan rongga mulut dapat dikonsultasikan dengan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut kami. Selain itu, layanan perawatan gigi dan mulut pada pasien dengan kondisi kompromis medis seperti penyakit-penyakit degeneratif, termasuk dental geriatrik, tersedia di Klinik Spesialistik Gigi dan Mulut RSUD Tarakan.

KONSERVASI GIGI

Konservasi Gigi adalah bidang Spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi pengunyahan gigi dapat kembali normal. Perawatannya meliputi: perawatan dan pencegahan gigi berlubang yang sudah mencapai ke ruang syaraf gigi (Endodontik), penambalan gigi, bedah endodontik, bleaching gigi (pemutihan gigi) dan veneer gigi (melapisi gigi). Adanya penerapan konservasi gigi, maka perawatan secara preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif dapat mengembalikan fungsi gigi dalam sistem stomatognatik.

Rehabilitasi dapat memberikan hasil yang optimal bila dilakukan dalam waktu 3 bulan setelah serangan stroke. Meskipun demikian, proses pemulihannya bisa berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai rehabilitasi sedini mungkin dan berkesinambungan.

Menurut WHO, tujuan Rehabilitasi penderita stroke adalah:
1. Memperbaiki fungsi motorik, wicara, kognitif dan fungsi lain yang terganggu.
2. Readaptasi sosial dan mental untuk memulihkan hubungan interpesonal dan aktivitas sosial.
3. Dapat melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Pemilihan jenis terapi yang diperlukan disesuaikan dengan kondisi pasien dan apa yang dibutuhkan supaya pasien dapat mandiri.

Tim rehabilitasi medis, yang terdiri dari dokter spesialis rehabilitasi medis, perawat, fisioterapis, terapis wicara, terapis okupasi, dokter spesialis gizi dan psikiater, akan melakukan pengkajian dan menentukan perencanaan terapi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pasien.

Terapi dimulai secara bertahap, yaitu berlatih mulai dari duduk, berdiri, dan berjalan sendiri. Pasien juga dilatih melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi, makan, buang air, berpakaian dan berdandan.

Pada tahap advance, pelatihan bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang bersifat hobi dan hubungan kemasyarakatan seperti memasak dan berkebun.

Selain rehabilitasi, pasien stroke perlu mewaspadai bahaya lainnya, yaitu serangan stroke berulang yang dapat fatal dan lebih buruk dari serangan pertama. Hal ini terjadi karena pasien tersebut tidak mengendalikan faktor risiko stroke.

 

Copyright © 2021 RSUD Tarakan Jakarta